You Are Reading

2

INSOMNIA ( tips mengatasi susah tidur)

Rio Mamdoeh A Rabu, 07 Desember 2011

Di jaman modern sekarang ini penyakit jadi makin aneh, pokoknya ada-ada aja deh penyakitnya dan kali ini ane mo ngebahas tentang penyakit imsomnia, penyakitnya orang yang sulit tidur, emm…. biasanya anak muda nih yang sering ngalamin penyakit ini.
Oke, sebenarnya seperti apa sih penyakit imsomnia itu?
Insomnia umumnya bersifat temporer, dan dapat dibagi dalam beberapa klasifikasi tergantung berapa lama kondisi gangguan tidur dialami oleh seseorang. Secara umum insomnia dibagi atas :
  • Insomnia akut (acute insomnia) : Insomnia akut berlangsung dalam waktu yang singkat, yaitu antara 1 malam sampai beberapa minggu.
  • Insomnia kronis (chronic insomnia). : sesorang dikatakan  mengalami insomnia kronik bila penderitanya mengalami gangguan tidur sedikitnya 3 malam dalam seminggu dan berlangsung selama 1 bulan atau lebih. Transient insomnia dan short-term insomnia termasuk dalam kategori acute insomnia.
Penyebab imsomnia biasanya dapat dibagi menjadi 3 kondisi yaitu kondisi medis, kondisi psikologis dan kondisi lingkungan
Penyebab Insomnia berdasar kondisi medis :
Kondisi medis yang dapat menyebabkan gangguan tidur adalah :
  • Gangguan pada gagal jantung dan iskemia pada pembuluh koroner
  • Stroke, kondisi degenerative, demensia, gangguan tidur karena gangguan CNS
  • Hipotiroid, menopause, siklus menstruasi, kehamilan dan hipogonadism
  • Gangguan paru obstruktif, asma pickwikian sindrom (Obstructive sleep apnea syndrom)
  • Penyakit muntahan cairan lambung
  • Gangguan pada darah
  • Penggunaan obat seperti dekongestan, koritokosteroid dan bronkondilator
  • Kondisi lainnya seperti demam, nyeri dan infeksi
Beberapa Kondisi Psikologis sebagai penyebab Insomnia
Penyebab imsomnia juga dapat dipicu oleh gangguan psikologis seperti :
  • Depresi dapat menyebabkan gangguan dalam REM (Rapid Eye Movement)
  • Sindrom post trauma
  • Obat-obatan psikotropika
  • Stress karane bebean pikiran terlalu banyak
  • Tegang, cemas atau kekhawatiran terhadap suatu masalah yg terlalu terdramatisir dalam pikiran
Penyebab insomnia karena faktor lingkungan
Lingkungan juga sangat berperan untuk mendapatkan kualitas tidur, lingkungan yang tenang dan sejuk dapt menghindarkan gangguan tidur, beberapa kondisi lingkungan yang merupakan penyebab insomnia adalah :
  • Kejadian yang mengancam nyawa atau kejadian yang memiliki stress tinggi
  • Gangguan siklus tidur akibat waktu kerja yang tidak tetap (malam dan pagi)
  • lingkungan yang bising, dingin ataupun terlalu panas
Lalu bagai mana cara mengatasi insomnia?
dalam artikel ini ane juga akan berbagi beberapa tips untuk mengatasi insomnia, tanpa menggunakan obat-obatan apapun:

1. Tidur dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan  lampu, matikan hal-hal yang menimbulakna suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut dan pada akhirnya anda semakin susah tidur.

2. Menghindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan seringnya ke belakan untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan mengganggu kenyenyakan tidur.

3. Melakukan olahraga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolahraga, kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress  yang muncul dengan lebih baik.

4. Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat  stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak diperlukan bila ingin tidur.

5. Makan makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia tambahkan dengan segelas susu hangat

6. Mandi / berendam dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu juga mengurangi ketegangan tubuh hal ini jg sangat bagus dibiasakan sebagai  tips mengatasi insomnia ini.

7. Hanya tidur ditempat tidur, Hal ini akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat berbaring di tempat tidur maka akan timbul rangsanagan untuk tidur.

8. Menggosok gigi sebelum tidur, hal ini akan membuat kita lebih merasa nyaman, disamping itu hal ini juga baik untuk kesehatan mulut dan gigi kita.

9. Menjernihkan pikiran. hilangkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran melalui sebuah media.

10. Berwudlu sebelum tidur dan membaca doa tidur segera sebelum tidur dan lebih bagusnya teruskan dengan berdzikir hingga kita tertidur dengan sendirinya.

11. Tidur dan bangun dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur selanjutnya

Tips diatas dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pribadi kita masing-masing, karena inti dari semua tips mengatasi insomnia ini adalah membuat kita senyaman mungkin. karena ketidak nyamananlah yang membuat kita sulit tidur.

Semoga tips ini dapat membantu sobat semua :-)
(jangan lupa untuk meng-Klik Google +1 nya)




Related Articel:

2 komentar:

M Iqbal Fadhillah Kertabudi mengatakan...

Jazakalloh Sobat!
Sangat bermanfaat sekali :)

Sy share buat sobat2 saya yg lain.

Kunjungi juga blog sy : http://iqbaledogawa25.blogspot.com/

Rio Mamdoeh mengatakan...

silahkan sob, selama itu membawa manfaat
makasih sudah berkenan mampir hehe...

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak sobat dengan berkomentar yang baik dan kritik yang membangun.

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright 2010 rio-mamdoeh|dot|com